Kamis, 18 Maret 2010

Tugas 2

E-Mall (Online Mall)

Di era globalisasi saat ini terdapat banyak cara melakukan perdagangan, salah satunya adalah melalui internet. Salah satu perdagangan melalui internet adalah e-mall atau juga biasa di sebut online mall. E-mall merupakan sebuah online shopping center dimana terdapat banyak toko online yang berada di dalamnya. Terdapat 4 jenis e-mall yaitu:

1. General stores/malls

General stores/mall merupakan e-mall yang menyediakan berbagai jenis barang, mulai dari barang yang berbentuk misalnya buku, ataupun barang yang tidak berbentuk misalnya program atau software. Contoh dari jenis e-mall ini adalah amazon.com, choicemall.com, shop4.com. Berikut merupakan gambaran sederhana dari amazon.com

Gambar di atas merupakan contoh halaman dari situs amazon.com. Pada awal berdirinya situs ini hanya melayani penjualan buku saja, namun saat ini amazon.con juga telah memperluas pasarnya, selain menjual buku, amazon.com juga menjual baju, alat-alat elektronik, mainan, dan masih banyak lagi. Dari segi tampilan, situs ini sudah tergolong bagus dan menarik. Untuk dapat melakukan transaksi, seorang user harus terlebih dahulu melakukan registrasi untuk menjadi anggota, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.



Keunggulan lain dari situs ini adalah terdapat tampilan atas item-item yang diperjual belikan beserta harga, selain itu terkadang barang yang dijual dari situs ini juga diberlakukan diskon seperti halnya mall pada umumnya.

2. Specialized stores/malls

Specialized stores merupakan salah satu bentuk e-mall yang menjual suatu lini barang tertentu saja. Contoh dari e-mall ini adalah amazon.com, awalnya amazon.com memulai usahanya dengan hanya menjual buku saja, namun saat ini telah berkembang dan tidak hanya menjual buku saja tetapi sudah mampu menjual berbagai jenis barang. Di Indonesia juga terdapat jenis e-mall ini, contohnya adalah toko Gramedia, seperti kita ketahui Gramedia merupakan salah satu toko buku besar di Indonesia, saat ini Gramedia tidak hanya menjual buku mereka secara manual (melalui cabang-cabang toko) saja tetapi juga melalui media internet. Gramedia memiliki situs sendiri yang berfungsi sebagai e-mall sehingga konsumen dapat melihat buku apa saja yang dijual oleh gramedia, kemudian melakukan transaksi jual-beli. Berikut merupakan tampilan dari situs gramedia.com

Untuk dapat melakukan proses pembelian atas buku-buku yang dijual, konsumen harus terlebih dahulu melakukan registrasi untuk menjadi member dari Gramedia, tampilan dari registrasi dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Walaupun merupakan specialized stores namun gramedia menjual beragam buku mulai dari buku fiksi, sastra, buku anak-anak, dan lain-lain, apabila pengunjung kesulitan untuk mendapatkan apa yang dicari maka pangunjung dapat memanfaatkan fasilitas search yang disediakan pada pojok kanan atas dari halaman situs ini. Dari segi tampilannya situs ini sudah menarik dan tidak rumit, pengunjung situs dapat mencari dan juga melihat buku apa yang ingin dicari, sinopsis dan juga berapa harga atas buku tersebut.

3. Regional versus global stores

Regional store merupakan toko yang hanya melayani suatu daerah tertentu saja, contohnya adalahi e-grocers atau penjual furnitur, melayani customer yang berada pada lingkungannya saja contoh lain misalnya parknshop.com hanya melayani hongkong. Berbeda dengan regional strores, global strores bersifat lebih global dalam perdagangannya dan jenisnya dapat berupa General stores ataupun Specialized stores, contoh dari jenis global strores seperti amazan.com choicemall.com, shop4.com.

4. Pure online organizations versus click-and-mortar stores

Pure online organizations merupakan jenis stores yang hanya focus pada aktivitas online saja tanpa menggabungkannya dengan aktivitas offline contoh dari store ini adalah softpedia.com yang merupakan situs yang menjual bermcam-macam software, contoh lain adalah sciencedirect.com yang merupakan situs yang menjual bermacam-macam jurnal secara online.

Clik and mortar stores merupakan salah satu dari bentuk toko yang menggabungkan antara system online dan offline. Contoh dari jenis toko ini adalah wal-mart. Cara kerja toko ini sebagai berikut, konsumen dapat memesan barang yang dibutuhkan melalui media online yaitu internet. Kemudian konsumen mengambil barang tersebut langsung ke toko tersebut ataupun dapat melalui system delivery order. Salah satu keunggulan dari toko ini adalah konsumen dapat melihat barang-barang yang dijual beserta harganya. Di Indonesia jenis toko ini diaplikasi oleh toko buku gramedia.

Adanya berbagai jenis e-mall membuat beragam pilihan kepada konsumen saat ini. General stores/mall merupakan jenis e-mall yang menyediakan beragam barang. Adanya keragaman jenis barang yang disediakan ini membuat suatu kenggulan tersendiri bagi jenis e-mall ini. Konsumen dapat melihat beragam kebutuhannya hanya dalam satu situs saja, namun di sisi lain adanya keragaman jenis ini juga dapat membuat konsumen bingung akan barang apa saja yang akan dibelinya.

Specialized stores/malls merupakan jenis e-mall yang menyediakan satu lini barang saja, namun bukan berarti jenis e-mall ini tidak memiliki keragaman produk bahkan mungkin produk yang dijual lebih banyak jenisnya dibandingkan dengan general stores/mall. Keunggulan lain dari jenis ini adalah hanya fokus pada satu lini produk saja sehingga tidak membingungkan konsumen dalam mencari kebutuhannya.

Adanya keragaman jenis e-mall ini tentunya membawa banyak manfaat bagi konsumen tentunya namun konsumen juga harus waspada terhadap penipuan yang masih sering terjadi di dunia maya khususnya, hendaknya konsumen memperhatikan kredibilitas situs e-mall yang menjadi tujuan dalam pencarian barang yang diinginkan guna meminimaslisir kemungkinan terjakdinya penipuan.

DAFTAR PUSTAKA

Brick and mortar business, [online], (http://en.wikipedia.org/wiki/Brick_and_mortar_business, diakses tanggal 16 Maret 2010)

General Store, [online], (http://en.wikipedia.org/wiki/General_store, diakses tanggal 16 Maret 2010)

Merysta veny, 2009, Generalized dan Spesialized E-Mall, [online], (http://venymerysta.wordpress.com/tag/e-commerce/, diakses tanggal 16 Maret 2010)

Wahyudi Astrid Nuraida, 2009, Electronic-Mall, [online], (http://astridnuraidawahyudi.wordpress.com/2009/03/15/electronic-mall/ diakses tanggal 16 Maret 2010)

Tulisan ini bukan merupakan plagiat, adapun sumber-sumber dari artikel ini telah tercantum dalam daftar pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar